
Kediri, 19 November 2025 - SMA Negeri 4 Kediri melaksanakan kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) yang difokuskan pada indikator "Memandu Perencanaan Pembelajaran". Kegiatan ini menjadi bagian penting dalam evaluasi kepemimpinan kepala sekolah untuk memastikan seluruh proses perencanaan pendidikan berbasis data dan beriorentasi pada peningkatan kualitas pembelajaran.
Fokus Indikator : Memandu Perencanaan Pembelajaran Berbasis Data
Pada indikator ini, penilaian dilakukan untuk melihat sejauh mana Kepala SMAN 4 Kota Kediri memandu pertemuan perencanaan program dan anggaran sekolah yang mengacu pada rapor pendidikan. Rapat dan diskusi diarahkan untuk memastikan bahwa setiap perencanaan anggaran dan program benar-benar mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di kelas.
.jpg)
Tahap Perencanaan : Penguatan Struktur Kerja Tim
Dalam rangka menyiapkan proses penilaian yang optimal, Kepala SMAN 4 Kota Kediri melaksanakan tahap perencanaan melalui beberapa langkah strategis, yaitu :
- Penyusunan SK Tim Pengembang SekolahKepala sekolah menyusun Surat Keputusan (SK) tim pengembang sekolah sebagai landasan kerja resmi. Tim ini berperan dalam merancang, menyusun, dan mengevaluasi program-program peningkatan mutu.
- Penyusunan Jadwal Kegiatan Tim PengembangKepala sekolah bersama wakil kepala sekolah, bendahara sekolah, TPMPS menyusun jadwal kegiatan tim pengembang. Penyusunan jadwal dilakukan secara kolaboratif untuk memastikan seluruh kegiatan terarah, terukur, dan selaras dengan kalender pendidikan.

Tahap Pelaksanaan Observasi Kinerja
Observasi Kinerja kepala sekolah dilaksanakan oleh pengawas sekolah dengan melihat praktik nyata dalam memandu perencanaan pembelajaran. Proses observasi dilakukan melalui tiga tahapan :
Tahap 1: Memimpin Diskusi Pencapaian Tujuan
Kepala sekolah memimpin diskusi bersama tim untuk meninjau kembali tujuan yang telah ditetapkan dalam dokumen perencanaan sekolah. Diskusi ini memastikan seluruh rencana program tetap selaras dengan visi misi sekolah dan kebutuhan satuan pendidikan.
Tahap 2: Menggunakan Analisis Data sebagai Dasar Pengambilan Keputusan
Kepala sekolah menunjukkan kemampuan dalam memanfaatkan hasil analisis data rapor pendidikan sebagai dasar dalam menentukan kebijakan dan prioritas perencanaan pembelajaran.
Tahap 3: Memandu Penetapan Kriteria dan Mekanisme Monitoring
Kepala sekolah memandu tim dalam menetapkan kriteria keberhasilan program serta mekanisme monitoring pelaksanaan pembelajaran. Hal ini bertujuan agar setiap kegiatan yang direncanakan dapat terpantau, terukur, dan berdampak nyata bagi peningkatan mutu pembelajaran.
Analisis Capaian SNP Rapor Pendidikan: SMAN 4 Kota Kediri Berada pada Label "Baik"
Hasil analisis menunjukkan bahwa capaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) SMAN 4 Kota Kediri berada pada kategori "Baik". Capaian ini menjadi bukti bahwa sekolah telah berada pada jalur yang tepat dalam mengelola pembelajaran, meskipun tetap terdapat aspek yang perlu diperbaiki untuk mencapai kategori "Sangat Baik".

Tahap Diskusi Tindak Lanjut
Setelah analisis rapor pendidikan selesai, kepala sekolah mengadakan diskusi tindak lanjut bersama Tim Pengambang Sekolah dan TPMPS, Pembahasan mencakup:
- Penentuan Fokus Tujuan PembelajaranBerdasarkan hasil analisis data, kepala sekolah mengajak tim untuk menyusun prioritas peningkatan pembelajaran yang paling mendesak.
- Penentuan Prioritas MasalahTim menetapkan tiga prioritas utama : Standar Kompetensi Kelulusan (SKL), Standar Isi, Standar Proses
- Refleksi Tindak LanjutDari proses refleksi ditemukan sejumlah program inovatif yang dapat dikembangkan. Program-program tersebut kemudian dimasukkan ke dalam rencana kerja jangka menengah dan tahunan sekolah (RKJM, RKT, dan RKAS), di antaranya:
- Pengembangan kompetensi guru untuk implementasi TKA dan pandalaman kurikulum.
- Kerja sama dengan psikolog untuk penguatan layanan konseling dan dukungan perkembangan peserta didik.
- Penyusunan perencanaan program satuan pendidikan dalam dokumen RKJM dan RKAS secara lebih terstruktur.
- Pengimbangan penyusunan RKT kepada MKKS Cabdin Wilayah Kediri melalui aplikasi SIMANTAP, sebagau bentuk kontribusi SMAN 4 Kediri dalam peningkatan mutu di wilayah kota Kediri.
Kesimpulan
Kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah SMAN 4 Kediri berjalan lancar, objektif, dan penuh semangat kolaboratif. Melalui penilaian ini, terlihat komitmen kepala sekolah dalam memandu perencanaan pembelajaran secara berbasis data dan beriorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan.
SMAN 4 Kediri terus memperkuat langkah inovatif dan kolaboratif demi mewujudkan satuan pendidikan yang unggul, adaptif, dan berdaya saing tinggi.


